DPU-PR Kota Magelang ngangsu kawruh ke DPU-PR Karanganyar

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Magelang mengadakan kunjungan studi banding (ngangsu kawruh) ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karanganyar, Sabtu (27/10). Kunjungan tersebut diikuti oleh seluruh staf DPU-PR Kota Magelang dengan dipimpin Kepala DPU-PR Kota Magelang, Chrisatrya Yonas Nusantrawan ST.

Chrisatrya dalam sambutannya mengatakan selain untuk mengenal lebih dekat program yang dilaksanakan oleh DPU-PR Kabupaten Karanganyar, studi banding tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan jalinan komunikasi antarkedua instansi yang sama-sama memiliki tugas dan fungsi dalam penyediaan infrastruktur tersebut. “Utamanya, kami ingin mengetahui bagaimana Karanganyar menyelesaikan persoalan infrastruktur di daerah perbatasan antardaerah, baik jalan, penataan kawasan, dan sebagainya,” kata Yonas. Dengan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru daerah lain utamanya dari Kabupaten Karanganyar, kata Yonas, diharapkan staf DPU-PR Kota Magelang memiliki pengetahuan baru dalam menjalankan tugasnya.

Pemaparan Kepala DPU-PR Kabupaten Karanganyar, Edhy Sriyatno ST MT, saat menerima rombongan studi banding DPU-PR Kota Magelang

Sementara dalam paparannya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karanganyar, Edhy Sriyatno ST MT, menjelaskan bahwa Kabupaten Karanganyar dalam menyelesaikan persoalan infrastruktur di daerah perbatasan daerah menjalin komunikasi melalui Forum Antar Dinas PU se-Subosukawonosraten atau Soloraya. “Dalam setahun kami mengadakan pertemuan sebanyak 2 (kali) dan ini sangat efektif dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi antarwilayah,” kata Edhy.

Dalam kesempatan tersebut, Edhy Sriyatno memaparkan berbagai kegiatan yang dilaksanakan di DPU-PR Karanganyar, antara lain berbagai proyek strategis nasional yang dilaksankaan di Kabupaten Karanganyar, seperti Pembangunan Jalan Tol Solo-Kertosono yang melewati 3 (tiga) kecamatan di Karanganyar, Pembangunan Waduk Gondang di Kecamatan Kerjo serta rencana Pembangunan Waduk Jlantah di Jatiyoso. Edhy juga menjelaskan strategi pemeliharaan infrastruktur jalan, jembatan dan irigasi di mana Kabupaten Karanganyar secara teknis ditangani oleh UPT di tiap-tiap kecamatan. Selain itu juga dijelaskan mengenai strategi pemenuhan air bersih dan pengelolaan sanitasi.

Foto bersama keluarga besar DPU-PR Kota Magelang dengan DPU-PR Kabupaten Karanganyar

Suasana hangat dan akrab mewarnai pertemuan antarkedua instansi tersebut. Pertemuan tersebut ditindaklanjuti dengan pertemuan informal antarpejabat terkait, seperti kepala bidang dan kepala seksi. Pertemuan tersebut ditutup dengan sesi foto bersama dan saling tukar cinderamata.

Suasana diskusi kegiatan studi banding

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.