Perbaikan Jalan Grompol-Jambangan mulai dikerjakan, arus lalu lintas buka-tutup

Saat ini sedang dilaksanakan  pekerjaan lapis pondasi bawah beton kurus atau lean concrete pada paket pekerjaan Rekonstruksi/Peningkatan Kapasitas Jalan Grompol-Jambangan. Arus lalu lintas akan diterapkan sistem buka-tutup atau bergantian karena pengerjaan dilakukan secara bertahap dan bergantian satu sisi. Lapis pondasi bawah beton kurus ini berfungsi sebagai lantai kerja perkerasan beton semen sekaligus untuk meningkatkan daya dukung tanah dasar.

Sebelum dilakukan pekerjaan pengecoran, terlebih dahulu dilakukan percobaan campuran beton (trial mix concrete). Trial mix concrete ini akan menghasilkan formula campuran beton yang akan digunakan secara konsisten untuk bahan perkerasan jalan beton. Kegiatan Rekontruksi/Peningkatan Kapasitas Jalan Grompol-Jambangan dilaksanakan oleh CV Jaya Sempurna Abadi dengan nilai kontrak Rp 4,38 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Target pekerjaan peningkatan jalan sepanjang kurang lebih 1,7 kilometer dengan lebar 5 meter. Selain pekerjaan beton, dalam kegiatan Rekonstruksi/Peningkatan Kapasitas Jalan Grompol-Jambangan juga dikerjakan talud pasangan batu kali untuk memperkuat badan jalan.  

Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Karanganyar, Margono ST MM, menyampaikan permohonan maaf kepada pengguna jalan yang terganggu dengan pekerjaan ini. “Kami juga mohon doa restu dan dukungan seluruh masyarakat semoga pekerjaan dapat diselesaikan sesuai alokasi waktu yang ditetapkan,” ujarnya.