Percobaan penghamparan AC-BC di ruas jalan Tasikmadu-Kebakkramat

Jalan rusak di ruas jalan Tasikmadu-Kebakkramat mulai diperbaiki. Setelah dilakukan pengukuran ulang beberapa waktu lalu, perbaikan dimulai dengan percobaan penghamparan dan pemadatan (asphalt layering and compacting trial) untuk konstruksi Laston Lapis Antara (AC-BC) telah dilaksanakan pada paket Pemeliharaan Berkala/Rehabilitasi Jalan Tasikmadu-Kebakkramat di Kecamatan Tasikmadu/Kebakkramat. Percobaan campuran ini dilaksanakan bersama antara Penyedia Jasa, Direksi dan Konsultan Pengawas.

Percobaan penghamparan ini merupakan tahapan yang harus dilalui sebelum seluruh konstruksi AC-BC dihampar. Dalam percobaan ini, dilakukan beberapa pemeriksaan, antara lain pengukuran suhu aspal saat penghamparan, uji kadar lapis perekat aspal cair, kesiapan mesin penghampar dan alat pemadat, visualisasi campuran aspal, jumlah lintas (passing) pemadatan, faktor gembur hamparan serta ketebalan campuran aspal (core-drilling test). Hasil percobaan ini selanjutnya dijadikan acuan dalam realisasi pekerjaan penghamparan selanjutnya.

Pemeliharaan Berkala/Rehabilitasi Jalan Tasikmadu-Kebakkramat dikerjakan oleh PT Bejo Lumintu yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Penugasan dengan nilai kontrak Rp 7,38 miliar. Target pengerjaan adalah rehabilitasi jalan sepanjang 3,65 kilometer lebar 6 meter. Selain konstruksi lapis AC-BC, perbaikan jalan juga menggunakan Laston Lapis Aus (AC-WC) serta konstruksi beton f’c 15 MPa.

“Kami mohon maaf kepada pengguna jalan yang terganggu dengan pekerjaan ini dan mohon doa restu semoga pekerjaan dapat diselesaikan sesuai alokasi waktu yang ditetapkan,” kata Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Karanganyar, Margono ST, MM, di sela-sela memantau percobaan penghamparan.